Support to Open Science

Poltekkes Kemenkes Kendari berkomitmen dalam mengupayakan penyebaran ilmu pengetahuan yang merata melalui penerbitan jurnal ilmiah yang dapat diakses oleh siapapun dan memiliki konten yang berkualitas. Berbagai upaya yang telah dilakukan adalah meningkatkan kapasitas pengalola jurnal dan ikutserta mendukung berbagai inisiatif skala internasional.

Declaration on Research Assessment

Dukungan terhadap the Declaration on Research Assessment (DORA) diaktulisasikan oleh penerbit melalui:

  • Lisensi artikel sebagai Creative Common (CC). Usaha ini guna mendorong dan memaksimalkan akses serta distribusi terbitan artikel secara bebas namun tetap dapat dipertanggung jawabkan.
  • Pemberian atribusi terhadap masing-masing kinerja penulis. Atribusi ini dijabarkan di dalam Contributor Roles Taxonomy.

Initiative for Open Abstract

Abstrak merupakan narasi pertama yang dijumpai oleh masyarakat melalui website jurnal maupun pengindeks. Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari berkomitmen untuk membuka akses abstrak tanpa batasan yang harus dilalui terlebih dahulu. Komitmen ini tertuang melalui dukungan the Initiative for Open Abstract (I4OA).

the Initiative for Open Citations

Dukungan terhadap the Initiative for Open Citations (I4OC) bertujuan supaya tidak hanya full-text artikel yang dapat diakses oleh masyarakat, referensi yang ada di dalam artikel sama berharganya untuk dipublikasikan. Bentuk partisipasi nyata penerbit adalah menyetorkan referensi artikel melalui Crossref cited-by.

the ORCID Open Letter

Penerbit mengimplementasikan satu identitas satu penulis menggunakan ORCID iD. Sistem ORCID yang terhubung dengan jurnal yang dikelola juga memastikan bahwa data artikel akan tersimpan otomatis ke ORCID iD penulisnya.

the Joint Declaration of Data Citation Principles

Partisipasi Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari dengan mengharuskan setiap jurnal untuk menawarkan kepada penulis untuk membuka data kajian mereka dan menyimpannya di repositori data Zenodo. Data ini kemudian diberikan identitias permanen menggunakan Digital Object Identifier (DOI). Bentuk implementasi partisipasi ini adalah adanya repositori data Health Information : Jurnal Penelitian di Zenodo.
Prinsip sitasi data juga memastikan bahwa data kajian dapat disitasi secara luas oleh pengkaji/peneliti lain dan mengharuskan identifikasi secara jelas siapa pemilik data ini.

Informasi ini terakhir diperbaharui pada 03 Oktober 2020