ORCID

Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari bergabung di dalam ORCID Open Letter signatory terhitung sejak tanggal 24 Februari 2020.

https://orcid.org/content/requiring-orcid-publication-workflows-open-letter

Apa itu ORCID

ORCID merupakan penyedia identitas digital (iD) yang dikhususkan kepada peneliti di seluruh dunia dan berbeda identifikasinya pada setiap orang dan data yang tersimpan di dalamnya mudah dikontrol oleh pemilik ORCID iD. Anda dapat menambahkan informasi terkait afiliasi, publikasi kajian, pendanaan, dan posisi struktural.

Partisipasi kami dalam ORCID Open Letter

Penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari berkomitmen untuk memudahkan identifikasi identitas peneliti. Standar partisipasi ORCID Open Letter mengharuskan penerbit untuk:

  • Require
  • ORCID Badge Authenticate

    Pengguna (penulis, mitra bestari, editor, dan pembaca) sistem jurnal yang dikelola oleh penerbit Poltekkes Kemenkes Kendari dapat mengautentikasikan ORCID iD nya dengan sistem jurnal melalui mekanisme ORCID API. Mekanisme autentikasi ini dapat dilakukan dengan tiga mekanisme (melalui link yang dikirimkan ke email, pada laman pendaftaran akun, dan detail profile di dashboard). Autentikasi ini diharuskan bagi penulis yang akan menerbitkan output kajiannya dan direkomendasikan kepada mitra bestari, editor dan pembaca. Metode ini memastikan bahwa informasi dalam ORCID iD akan tersinkronkan dengan akun pengguna.

  • Publish
  • ORCID Badge Display

    ORCID iD penulis akan ditampilkan di dalam artikel, baik yang versi Portable Document Viewer/PDF atau HyperText Markup Language/HTML. Hal ini mungkin dilakukan hanya jika penulis mengautentikasikan ORCID iD nya ke sistem penerbit. Selain menampilkan ORCID iD, artikel yang dipublikasikan dapat secara langsung terekam identitasnya di ORCID iD penulis.

Mulai Gunakan ORCID

  1. Daftarkan email untuk dapatkan ORCID iD, lengkapi profil identitas yang paling sesuai dengan keadaan anda saat ini.
  2. Autentikasikan ORCID iD ke akun anda di sistem jurnal melalui salah satu cara dari tiga mekanisme berikut:
    • Link yang dikirimkan ke email penulis. Hal ini berlaku bagi penulis yang terdapaftar namanya dalam suatu naskah dan tidak/belum memiliki akun di dalam sistem (bukan penulis korespondensi).
      Email notifikasinya dapat seperti berikut
      “You have been listed as an author on a manuscript submission to Health Information : Jurnal Penelitian. To confirm your authorship, please add your ORCID id to this submission by visiting the link provided below.”
    • Langsung dari laman registrasi akun baru, melalui blok ORCID
    • Melalui pengaturan profil pada dashboard akun di sistem penerbit.

Informasi ini terakhir diperbaharui pada 28 September 2020