Menyebutkan siapa pemberi dana kajian anda

Belum banyak dilakukan oleh penulis yang mengirimkan naskahnya ke HIJP untuk mengisi atau berinisiatif menyebutkan identitas pemberi dana kajiannya, apakah mandiri atau organisasi tertentu. Padahal hal ini sangatlah penting.

Pembaca hasil kajian yang diterbitkan di jurnal akan mengetahui dengan jelas siapa pemberi dana dari kajian tersebut sehingga mendorong terjadinya transparansi, apakah kajian tersebut didanai oleh ‘publik’ melalui pemerintah atau organisasi tertentu yang secara tidak langsung dapat menjadi pengawasan kinerja entitas tersebut dari masyarakat (pembaca) dan dari sisi pemberi dana, mereka secara mudah dapat melacak outcome dana yang diberikan. Terlebih jika artikel hasil kajian tersebut digunakan secara luas oleh peneliti lain yang tentu saja kebermanfaatan dana yang diberikan semakin besar.

Menjadi salah satu penilaian kualitas artikel hasil kajian apakah kajian tersebut ‘diatur isinya’ oleh pemberi dana atau murni yang terjadi di lapangan. Karena mungkin saja hasil kajian tidak sesuai dengan ‘nilai’ yang dimiliki oleh pemberi dana atau dengan kata lain membahayakan entitas tersebut. Penulis artikel hasil kajian akan lebih dipercayai oleh pembaca jika terbebas dari konflik kepentingan apapun dengan pemberi dana kajiannya.

Lalu bagaimana cara menyebutkan pemberi dana pada artikel hasil kajian? Agar memudahkan dan menstandarkan penulisan, penulis menyebutkan nama pemberi dana secara lengkap berserta nomor dokumen keputusan pemberian dana.

Dan ternyata tidak hanya pemberi dana yang perlu disebutkan, lagi-lagi transparansi sangat diperlukan dalam laporan hasil kajian. Siapapun yang terlibat dalam kajian tersebut perlu disebutkan. Karena bisa jadi tidak semua hal dilakukan oleh peneliti sendiri, terdapat orang lain (meskipun tidak termasuk kategori penulis artikel) yang berperan penting. Intinya untuk poin ini, narasikan secara bebas.

Referensi

Paul-Hus, A., & Desrochers, N. (2019). Acknowledgements are not just thank you notes: A qualitative analysis of acknowledgements content in scientific articles and reviews published in 2015. PLOS ONE, 14(12), e0226727. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0226727

Publications—Why is it important to specify your source of funding in published papers and posters? (n.d.). Academia Stack Exchange. Retrieved August 6, 2020, from https://academia.stackexchange.com/questions/91510/why-is-it-important-to-specify-your-source-of-funding-in-published-papers-and-po

Wilkinson, L. J. (n.d.). Funder registry [Website]. Crossref. Retrieved August 6, 2020, from https://www.crossref.org/services/funder-registry/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *